Minggu, 29 Mei 2016

Hal-hal Apa yang Harus Dipelajari Oleh Perempuan yang Memulai Bisnis Dari Nol

Memulai bisnis dari nol, siapa takut!

Namun, bisnis yang dibangun oleh para perempuan dari nol hendaknya tidak hanya
mengandalkan prinsip mencari keuntungan semata tetapi harus dengan itikad baik, tidak merugikan orang lain, berbagi, sopan dan mau instropeksi kesalahan.
Hal-hal apa yang harus dipelajari perempuan yang memulai bisnis dari nol?  Berikut saya rangkum untuk Anda.

Pertama, Pelajari etika bisnis. Banyak etika bisnis yang terlanggar dengan semakin majunya teknologi.  Semua akses amat mudah ditembus.  Semua kesempatan berhamburan di depan mata, semua pintu terbuka lebar.  Sebelum melakukan langkah-langkah bisnis, tanyalah pada diri Anda sendiri, “Bolehkan saya melakukannya?”  Bolehkah saya mengambil yang bukan bagian saya?”  Atau “Haruskah saya  melakukan sesuatu yang pasti menyakiti pebisnis lain?  Hanya bisnis yang beretika yang akan langgeng.

Kedua, Pelajari cara berkolaborasi.  Kolaborasi penting bagi para pebisnis.  Bukan hanya merajut kolaborasi dengan orang-orang baru.  Jangan lupakan tetap membangun koneksi dengan orang-orang lama.  Ada kepuasan tersendiri ketika muncul kolaborasi antara satu dengan yang lainnya.  Networking akan semakin berkembang dan tanpa kita duga berbagi koneksi bukan sekedar memperkenalkan orang namun dapat menguatkan bisnis kita.

Ketiga, Pelajari cara membuat bisnis Anda menjadi berbeda.  Banyaknya pebisnis yang aktif di sosial termasuk pebisnis-pebisnis yang menjual produk yang sama dengan Anda.  Jangan karena merasa produk Anda memiliki kualitas paling baik lalu Anda terlena.  Bedakan bisnis Anda dengan bisnis sejenis lainnya  Tidak lain adalah produk inovatifnya, cara menjual inovatifnya dan branding inovatifnya.  Jika bisnis Anda lebih inovatif dengan pesaing Anda, maka Anda akan menjadi pebisnis unggul yang berbeda dan siap memiliki bisnis yang long term bukan hanya seumur jagung.  Jangan bertahan dengan cara-cara lama.  Bisnis tanpa inovasi itu artinya mati.  Anda tetap harus memikirkan cara-cara terbaru, misalnya Anda juga mulai berjualan melalui  jejaring sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter atau Anda mulai memodifikasi produk Anda menjadi lebih baik lagi.

Keempat, Pelajari bagaimana menghadapi pesaing.  Kompetisi atau persaingan selalu mengikuti pebisnis.  Masalahnya bagaimana kita mengatasinya.  Jadikan pesaing Anda sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik.  Berbisnislah dengan prinsip ‘berbisnis dengan benar dan benar berbisnis’

Kelima, Pelajari manajemen waktu.  Perbaiki terus manajemen waktu Anda.  Perempuan pebisnis seringkali selalu merasa kurang memanfaatkan waktu.  Terkadang Anda merasa sudah berusaha memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin namun tetap tidak menghasikan apapun.  Coba ulik lagi manajemen waktu Anda, buat skala prioritas pada tiap pekerjaan.  Jangan ragu untuk mencoret pekerjaan yang tidak penting.

Keenam, Pelajari cara menangani keuangan bisnis.  Banyak pebisnis yang hebat menyusun bisnis plan, namun tidak paham menangani keuangan bisnisnya.  Padahal kondisi keuangan merupakan hal penting yang harus dipahami dalam menjalankan bisnis. Setiap pengambilan keputusan di dalam bisnis akan selalu terhubung dengan bagaimana kondisi keuangan.   Tidak mungkin Anda mengambil keputusan yang tepat jika tidak memahami kondisi keuangan bisnis Anda dengan baik.

Nah, demikian hal-hal apa yang harus dipelajari perempuan yang memulai bisnis dari nol yang saya rangkum untuk Anda semua.  Semoga bermanfaat untuk Anda, para pebisnis hebat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar